Tips Menolak Permintaan Klien dengan Ramah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on pinterest
Share on telegram

Tidak semua permintaan klien yang menggunakan jasa Anda harus Anda terima. Mungkin Anda memiliki beberapa alasan untuk menolak klien yang tidak sesuai dengan ketentuan kerja yang sudah Anda tetapkan sendiri. Namun, ternyata ada beberapa orang yang merasa bingung saat harus menolak klien dan merasa tidak enak hati. Padahal, menolak klien yang tidak sesuai dengan kriteria pekerjaan yang Anda tawarkan adalah hal yang wajar. Hal ini berguna untuk memperlancar pekerjaan yang Anda lakukan. Terlebih jika Anda melayani jasa desain logo, perlu selektif dalam menerima permintaan klien.

Tips Menolak Permintaan Klien dengan Ramah

Jika selama ini Anda bingung cara menolak permintaan klien yang memesan jasa dari Anda, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Dengarkan dulu permintaan klien sampai selesai

Sebelum menolak klien secara langsung, berikan waktu kepada klien untuk menyampaikan permintaannya kepada Anda. Dengarkan project yang diminta klien tersebut. Setelah klien menyampaikan permintaan sampai selesai, dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang Anda tawarkan di awal, maka tolaklah secara sopan. Jelaskan kembali bahwa permintaan yang diminta klien tidak sesuai dengan penawaran kerja yang Anda tawarkan.

  • Berikan masukan dan alternatif

Karena permintaan klien tidak sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan, maka berikan masukan kepada klien bahwa Anda menerima permintaan jika klien memesan sesuai yang Anda tawarkan. Apabila klien tidak mau mengubah permintaannya, Anda bisa memberikan alternatif lain untuk menggunakan jasa orang lain. Anda juga bisa merekomendasikan rekan bisnis Anda, agar klien menggunakan jasa mereka yang lebih relevan dengan permintaan.

  • Sampaikan penolakan dengan bahasa yang ramah

Jika Anda ingin menolak permintaan klien, pastikan Anda menggunakan bahasa yang baik dan ramah, sehingga klien yang Anda tolak juga dapat menerimanya dengan baik. Berikan penjelasan yang logis dan jujur pada klien alasan Anda menolaknya. Sehingga klien juga bisa mengerti dengan jelas alasan Anda tidak menerima permintaannya.

  • Jelaskan kemampuan Anda

Apabila Anda menerima permintaan klien yang ingin membuat logo perusahaan dan tidak sesuai dengan kriteria jasa desain logo yang Anda tawarkan, maka jelasakan kemampuan Anda kepada klien. Misalnya, klien meminta Anda untuk mengerjakan project dalam waktu 3 hari Sementara kemampuan Anda dapat menyelesaikan satu project dalam 1 minggu, maka tidak perlu malu menjelaskan hal tersebut kepada klien. Jelaskan pula alasan mengapa Anda membutuhkan waktu 1 minggu untuk menyelesaikan 1 project.

  • Berikan kesempatan klien untuk menghubungi Anda kembali

Meskipun Anda telah menolak klien karena permintaan yang diajukan tidak sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan, bukan berarti Anda tidak mau diajak bekerja sama untuk project yang lain dari klien yang sama. Jika dalam satu project Anda menolaknya dengan alasan tidak sesuai, maka sampaikan bahwa Anda masih membuka kerja sama kepada klien, jika ingin bekerja sama dengan Anda sesuai dengan penawaran yang Anda berikan.

Nah, itulah beberapa cara menolak permintaan klien yang tidak sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan. Jika saat ini Anda membuka jasa desain logo murah, dan menerima pesanan dari klien yang tidak sesuai dengan kriteria jasa yang Anda tawarkan, Anda bisa menolaknya. Pastikan bahwa Anda menolak klien dengan cara yang baik, sopan, dan ramah. Sehingga klien yang Anda tolak dapat menghargai keputusan Anda.

mas dian

mas dian

Leave a Replay

Metode Pembayaran