Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Jika saat ini Anda menjual skill Anda di bidang desain grafis, seperti jasa desain logo, Anda mungkin telah menemukan bermacam-macam tipe klien yang memesan jasa Anda. Ada klien yang baik, sabar, dan memberikan instruksi yang jelas sehingga memudahkan Anda dalam menyelesaikan pesanannya. Namun, dibeberapa kasus, Anda mungkin menemukan klien yang selalu komplain dengan hasil kerja Anda. Merasa tidak puas dengan hasil pekerjan yang Anda lakukan.

Jangan langsung marah jika Anda menghadapi tipe klien yang selalu komplain. Klien merupakan raja yang perlu diperlakukan dengan baik. Tanpa klien, jasa yang Anda tawarkan tidak berarti apa-apa. Tipe klien yang demikian sebenarnya wajar dan Anda harus siap menghadapinya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menghadapi klien yang sering komplan.

Tips Menghadapi Komplain Klien

Jika suatu ketika Anda menemukan klien yang komplain dengan hasil pekerjaan Anda, cobalah lakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari perselisihan:

  • Terima komplain klien dengan baik

Ketika klien melakukan komplain, terima komplain tersebut dengan baik. Komplain adalah sebuah kritik yang wajib Anda terima sebagai tenaga yang professional. Jika klien Anda mengeluh tentang hasil yang telah Anda buat, mintalah klien untuk mengungkapkan apa kesalahan yang Anda lakukan. Akui kesalahan tersebut dan jangan lupa minta maaf atas pekerjaan yang belum sempurna.

Ketika klien marah, usahakan Anda tidak ikut marah atau merasa terpancing emosi. Hadapi dengan sabar tanpa harus marah-marah. Sehingga masalah yang terjadi dapat diselesaikan dan Anda dapat memperbaiki sesuai keinginan klien. Dengan begitu, klien juga akan merasa lebih dihargai, dan respon positif serta tanggung yang Anda lakukan akan dinilai baik oleh klien.

  • Petakan masalah

Setelah Anda mendengarkan komplain dari klien, catat hal-hal yang dikeluhkan. Apa saja yang membuat klien mengeluh dengan hasil kerja yang Anda lakukan. Apakah masalah bentuk logo yang tidak sesuai, komposisi warna kurang pas, jenis font tidak sesuai keinginan, waktu penyelesainan lama dan sebagainya. Catat dan petakan masalah tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk mengatasi dan segera menyelesaikan masalah yang dikeluhkan klien.

  • Komunikasikan dengan baik

Jika ada klien yang sering komplain pekerjaan Anda, cobalah komunikasikan kembali dengan klien. Jagalah komunikasi tetap berjalan dengan baik, sehingga klien tidak membawa berita buruk tentang pekerjaan Anda keluar. Bertanggung jawablah atas pekerjaan Anda yang membuat klien merasa tidak puas. Dalam proses revisi project, tetaplah menjaga komunikasi dengan klien sehingga pekerjaan yang Anda buat sesuai dengan permintaan klien.

  • Tangani komplain dengan cepat

Ketika klien komplain atas jasa desain logo perusahaan dari Anda, atasi masalah tersebut segera mungkin. Jangan menyepelekan komplain klien karena ini menandakan bahwa Anda tidak bertanggung jawab. Respon komplain klien dengan positif, berikan pilihan solusi, dan segera lakukan perbaikan sesuai keinginan klien. Mintalah perpanjangan waktu untuk menyelesaikan revisi project sehingga hasil akhir dapat memuaskan klien.

Demikian, cara menghadapi klien yang komplain pada jasa desain logo yang Anda tawarkan. Hadapi klien dengan sopan dan ramah. Sehingga klien merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Namun, jika klien komplain tanpa memberikan alasan yang jelas dan malah merugikan Anda, sebaiknya batalkan perjanjian dengan klien tersebut. Karena klien yang baik akan memberikan kritik disertai dengan alasan yang jelas dan masuk akal, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan sesuai keinginan klien.

More to explorer

Contoh Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile Company profile adalah suatu informasi yang menceritakan tentang history perusahaan dan tujuan masa depan dari suatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Metode Pembayaran