Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Apakah Anda seorang pembisnis pemula yang ingin melakukan branding untuk brand dan produk Anda? Melakukan branding bukanlah hal yang mudah. Butuh kemampuan, keahlian, dan persiapan yang matang untuk melakukan branding. Apalagi bagi Anda pemilik usaha menengah atau pembisnis pemula. Agar tidak salah langkah dalam membangun branding, apastikan Anda mengetahui target market yang ingin Anda tuju. Berikut ini beberapa tips melakukan branding untuk bisnis pemula yang bisa Anda ikuti!

Tips Melakukan Branding untuk Bisnis Pemula

Berikut ini langkah-langkah melakukan branding untuk membangun brand bisnis Anda, khususnya bagi Anda yang baru mulai mendirikan bisnis.

  • Tetapkan target pasar dan pesaing

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi siapa target pasar yang ingin Anda tuju sesuai dengan brand yang Anda miliki. Kepada siapa produk Anda ditujukan, apakah untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas, atau bisa juga ditujukan untuk semua kalangan.

Tak hanya mengenali target pasar atau target konsumen, Anda juga perlu mengenali siapa kompetitor atau pesaing Anda. Mengapa? Hal ini dikarenakan, dalam berbisnis Anda akan bersaing dengan para kompetitor dengan brandnya masing-masing. Maka dari itu, kenali siapa kompetitor brand Anda, sehingga Anda dapat menyiapkan strategi untuk menghadapi persaingan.

  • Menentukan karakteristik dan fokus brand Anda

Langkah selanjutnya yaitu menentukan ciri khas atau keunikan atau karakteristik dari brand Anda. Fokuskan pada karakteristik tersebut sehingga brand yang akan Anda kenalkan benar-benar berbeda dan memiliki nilai tersendiri yang unik. Karakterisik brand ini akan membantu Anda menentukan desain logo brand Anda.

  • Tetapkan nama brand

Tetapkan nama brand Anda dengan pasti. Nama sebuah bisnis bisa terlihat besar dan kecil tergantung nama brand yang Anda pilih. Brand bukan hanya sekedar nama asal-asalan. Namun, memiliki arti dan makna yang menyangkut bisnis Anda.

Di dalam brand terdapat cerita atau latar belakang, karakteristik, hingga reputasi yang akan Anda bawa nanti. Oleh sebab itu, pikirkan matang-matang dengan berbagai pertimbangan terbaik Anda saat menetapkan sebuah brand. Pastikan brand yang Anda gunakan merupakan brand atas ide Anda sendiri dan belum pernah digunakan atau dipatenkan orang lain. Penetapan brand akan berkaitan dengan pembuatan logo dan proses branding.

  • Buatlah slogan

Langkah selanjutnya, buatlah slogan atau tagline untuk bisnis dan brand Anda. Slogan mencerminkan bagaimana bisnis dan pelayanan yang akan Anda berikan pada customer nantinya. Oleh sebab itu, buatlah slogan yang bermakna positif, tegas, jelas, dan mampu mempengarahui pola pikir publik. Tagline yang Anda gunakan dalam brand bisnis Anda bisa mempengaruhi citra bisnis Anda menurut persepsi masyarakat.

  • Tentukan gaya brand

Setalah Anda menyiapkan nama brand, perhatikan pula visual atau gaya brand Anda. Tentukan komposisi yang sesuai untuk nama brand Anda. Gunakan nama dengan font yang mudah dibaca, sehingga mudah dihafalkan dan diingat masyarakat.

  • Buat desain logo

Buatlah desain logo semenarik mungkin yang akan mewakili brand bisnis Anda. Jika tidak memiliki kemampuan membuat logo, Anda bisa memanfaatkan jasa desain logo professional. Sehingga bisa menghasilkan logo dengan kualitas terbaik.  Logo merupakan bentuk visualisasi yang memberikan informasi mengenai seluk beluk brand bisnis Anda. Pastikan logo dibuat dengan pertimbangan komposisi warna dan model yang seimbang.

  • Kembangkan bisnis

Tak hanya berhenti pada pembuatan brand dan logo. Namun, bisnis yang Anda jalankan harus terus dikembangkan. Salah satu cara melakukan pengembangan bisnis yaitu dengan melakakukan branding. Promosikan brand dan produk Anda kepada masyarakat, bisa melalui berbagai media (media cetak dan digital).

Membangun brand memang tidaklah mudah dan instan, sehingga Anda perlu dengan konsisten mengembangkan brand Anda agar terus dikenal masyarakat. Tambahkan produk lain dari brand Anda, sehingga brand bisnis Anda dapat merambah ke berbagai produk atau bahkan ke berbagai bidang. Inilah yang akan membuat brand bisnis Anda semakin berkembang. Dari yang awalnya hanya bisnis kecil bisa berubah menjadi bisnis besar.

Mambangun Brand untuk Bisnis Online?

Tidak semua bisnis dilakukan secara offline, ada beberapa bisnis yang memang dijalankan secara online. Bisnis offline maupun online sama-sama perlu dilakukan branding. Bagaimana caranya membangun brand untuk bisnis online? Berikut tipsnya!

  • Memanfaatkan media sosial

Di era modern ini, media sosial menjadi sarana paling efektif untuk melakukan branding bisnis online maupun offline. Banyak media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan branding bisnis Anda. Lewat media sosial, proses branding akan lebih mudah dan murah daripada menggunakan iklan cetak seperti brosur maupun spanduk.

Melakukan branding melalui media  menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang masih pemula di dunia bisnis yang mungkin belum memiliki banyak modal untuk melakukan promosi besar-besaran. Sehingga Anda bisa memanfaatkan media sosial hanya dengan bermodalkan akun media sosial untuk memperkenalkan produk bisnis Anda.

  • Buat blog atau website

Tak hanya memanfaatkan media sosial, Anda juga dapat membangun brand dengan melengkapi bisnis Anda dengan membuat blog atau website. Buatlah artikel berkaitan dengan produk bisnis Anda. Langkah ini bukan hanya sebagai bentuk mempromosikan produk bisnis Anda, namun sekaligus memberikan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Tuliskan review produk, ceritakan testimoni pengguna, dan buatlah artikel tentang tips, trik, atau tutorial mengggunakan produk Anda.

  • Manfaatkan channel youtube

Agar lebih menarik, buatlah review produk dalam bentuk video dan unggah di channel youtube Anda. Hal ini bisa meningkatkan ketertarikan publik untuk mengetahui lebih dalam tentang produk yang Anda tawarkan. Pastikan konten video memiliki visual dan audio yang baik, sehingga membuat yang menontonnya merasa nyaman dan mengerti.

  • Buat grup khusus dan aktif memberikan respon

Anda juga bisa membangun branding dengan menciptakan sebuah grup khusus. baik melalui grup chatting maupun di media sosial. Hal ini memberikan Anda ruang untuk mengenal konsumen Anda lebih dekat. Sehingga Anda memiliki kesempatan untuk melakukan pendekatan kepada konsumen dengan baik sesuai kebutuhan mereka. Pastikan aktif memberikan respon, jika customer ada yang bertanya.

  • Gunakan jasa influencer untuk melakukan branding

Terakhir, gunakan jasa influencer untuk membantu Anda membangun brand melalui branding di media sosial. Seperti menggunakan jasa endorsement untuk mempromosikan dan mengenalkan brand produk atau jasa Anda kepada pengguna media sosial lainnya. Dengan begitu, brand Anda akan mulai banyak yang mengenal.

Gimana? Melakukan branding memang gampang-gampang susah. Namun, jangan menyerah saat membangun brand bisnis Anda. Lakukan secara konsisten dengan meningkatkan kualitas brand dan produk/jasa yang Anda jual. Itulah tips melakukan branding untuk bisnis pemula dan bisnis online yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Semoga berhasil.

More to explorer

Contoh Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile Company profile adalah suatu informasi yang menceritakan tentang history perusahaan dan tujuan masa depan dari suatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Metode Pembayaran