Perhatikan dalam Pembuatan Desain Logo ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on pinterest
Share on telegram
agency desain grafis 1

Apa yang Perlu Perhatikan dalam Pembuatan Desain Logo ?

Apakah Anda tertarik untuk membuat desain logo sendiri dengan kemampuan yang Anda miliki? Membuat logo untuk sebuah brand bisnis memang tidak harus menggunakan jasa desain logo. Jika Anda lulusan desain grafis atau Anda memiliki keahlian dalam membuat logo, tidak ada salahnya membuat logo untuk bisnis Anda sendiri. Bahkan Anda juga bisa menawarkan jasa diri Anda pada orang lain yang membutuhkan jasa pembuatan logo.

Namun, dalam membuat logo brand bisnis atau perusahaan tidak boleh dilakukan sembarang. Tahukah Anda, ada beberapa hal yang perlu perhatikan dalam pembuatan desain logo. Apa sajakah itu? Simak uraiannya di bawah ini!

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Desain Logo

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam pembuatan logo perusahaan atau produk bisnis, agar menghasilkan logo yang berkualitas.

  • Teknik visual

Salah satu contoh teknik visual yang banyak digunakan dalam pembuatan logo yaitu teknik “Visual Double Entendre”. Artinya teknik pembuatan logo yang menggunakan dua gambar kemudian disatukan dengan imajinasi dan ide kreatif Anda. Sebenarnya, Anda tidak harus menggunakan teknik ini. Jika Anda dapat memainkan ide cerdas lainnya untuk menciptakan sebuah logo yang unik, Anda dapat melakukan sesuai kreasi Anda. Sehingga dapat menghasilkan logo dengan visualisasi yang mengesankan.

Pahami teknik-teknik pembuatan logo yang ada, sehingga akan mempermudah Anda dalam menciptakan sebuah logo untuk brand bisnis Anda. Jangan gengsi mencari bantuan, jika Anda menemukan kesulitan. Atau Anda juga bisa menggunkaan modul sebagai panduan.

  • Komposisi warna

Selain teknik yang Anda gunakan, perhatikan pula komposisi warna yang akan Anda masukkan dalam logo yang Anda buat. Perhatikan baik-baik warna-warna yang akan Anda gunakan, karena warna logo akan menyiratkan makna dari logo tersebut. Pastikan komposisi warna yang Anda campurkan pas dan tidak mengganggu pandangan mata yang melihatnya.

  • Ciptakan keaslian

Langkah selanjutnya yaitu menciptakan keaslian logo. Anda mungkin membutuhkan inspirasi dalam membuat logo dari logo brand ternama. Hal ini memang tidak dilarang, selama Anda tidak mencontek atau mengcopy logo orang lain menjadi milik Anda. Setelah Anda melihat logo-logo yang sudah ada, jadikan itu sebagai referansi. Selanjutnya, gunakan imajinasi Anda untuk menciptakan logo lain yang lebih unik. Sehingga Anda akan menciptakan logo bagi brand dan perusahaan Anda sendiri secara original.

  • Eksplor kreasi Anda

Jangan takut untuk mengeksplor ide dan imajinasi Anda yang bisa dituangkan dalam logo yang akan Anda buat. Berkresilah semampu Anda untuk menciptakan logo yang unik sesuai kepribadian dan hasil imajinasi Anda. Tidak perlu yang ribet, logo yang sederhana tetapi memiliki makna dan menggambarkan bisnis Anda justru dapat memberikan kesan dan pesan yang luar biasa.

Sebelum membuat logo dalam bentuk digital dengan program komputer. Anda bisa membuat sketsa logo hasil pemikiran Anda dalam sebuah kertas. Sehingga memudahkan Anda saat membuat logo versi digital. Hal ini juga akan mempercepat proses pembuatan logo karena Anda sudah memiliki konsep dasar logo yang akan dibuat.

  • Penggunaan huruf kustom

Jangan lupa menyematkan huruf kustom dalam logo buatan Anda. Apakah hal ini penting? Kustom huruf memang bukanlah hal yang wajib. Namun, untuk memberikan kesan unik dan menarik, huruf kustom ini bisa dijadikan pilihan. Selain bentuk gambar atau simbol, Ada juga bisa menggunakan huruf kustom dalam logo Anda. Huruf kustom ini dapat dilihat contohnya dalam brand “Coca-Cola”

  • Tampilkan kesederhaan

Logo dengan tampilan sederhana bukan berarti jelek. Selama logo yang Anda buat mencerminkan brand Anda, maka dari kesederhanaan inilah yang dapat memikat masyarakat. Logo yang sederhana justru lebih mudah diingat masyarakat daripada logo yang rumit tanpa dasar. Kerumitan logo terkadang membuat makna logo menjadi membingungkan bagi masyarakat luas. Hal ini akhirnya dapat membuat mereka tidak mengerti makna yang tersirat dalam logo tersebut.

  • Pastikan proporsi dan simetri sesuai

Dalam proses membuat logo gunakan garis bantu untuk membantu Anda membuat logo yang seimbang atau simetris. Pastikan proporsi logo di setiap sudutnya sesuai dan tidak terlihat berat sebelah. Jika logo yang Anda buat tidak simetris dan tidak sesuai proporsi yang tepat, maka akan mengurangi keindahan logo tersebut.

  • Memahami makna

Setiap logo yang dibuat mewakili cerita brand atau identitas perusahaan Anda. Artinya logo yang dibuat bukanlah sekedar gambar yang menarik. Namun, harus menggambarkan isi cerita dari brand atau perusahaan Anda sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cerita dibalik brand dan latar belakang perusahaan Anda sendiri. Sehingga logo yang sudah jadi akan memberikan makna yang mendalam dan berkesan.

  • Memorability

Logo yang dibuat akan dijadikan sebagai branding produk atau perusahaan Anda. Oleh sebab itu, logo yang dikenalkan kepada masyarakat harus bisa berkesan dalam hati dan pikiran publik, sehingga logo tersebut tertanam dalam ingatannya. Logo yang memorability atau mudah diingat ini, akan memberikan peluang besar bagi Anda untuk diterima masyarakat dan mempermudah mendapatkan konsumen dari produk bisnis Anda.

  • Ciptakan keunikan dan karakter

Keunikan logo yang Anda ciptakan akan membuat brand atau bisnis Anda memiliki karakter tersendiri yang tidak dimiliki brand lain. Jangan takut menuangkan ide unik Anda dalam sebuah logo. Sebagai contoh, logo yang cukup unik yaitu “Apple” dengan logo berupa buah aple dengan ujung yang sedikit digigit. Keunikan inilah yang akhirnya membekas dalam ingatan masyarakat tentang produk Apple.

  • Tanamakan rasa takjub

Tak hanya mampu menarik perhatian publik, logo yang Anda ciptakan hendaknya dapat menyimpan cerita luar biasa yang bisa membuat masyarakat takjub. Logo yang memiliki filosofi tertentu, akan lebih membuat publik takjub daripada logo yang hanya menampilkan sisi keindahannya saja. Jika logo yang anda pasarkan menceritakan suatu sejarah khusus, maka ketika orang lain melihat logo bisnis Anda atau mendengar brand Anda, maka mereka akan seketika mengingat perusahaan atau produk bisnis yang Anda jual.

  • Buat logo yang fleksibel

Logo yang Anda buat harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Artinya logo yang dibuat tidak hanya relevan dengan zaman saat ini saja. Namun, masih bisa berlaku dan fresh pada beberapa tahun ke depan. Pastikan tidak mengganti logo setiap tahun demi menyesuaikan perkembangan zaman. Pergantian logo secara keseluruhan ini, justru akan membuat brand Anda menurun bahkan membuat Anda kehilangan konsumen.

Tertarik untuk membuat logo sendiri? Pastikan Anda memahami dan mengerti seluk beluk logo yang akan Anda buat. Jangan lupa perhatikan beberapa hal dalam pembuatan desain logo, agar logo yang dihasilkan sesuai harapan. Logo yang berkualias akan mempermudah Anda dalam melakukan branding brand perusahaan atau produk bisnis.

mas dian

mas dian

Leave a Replay

Metode Pembayaran