Media Sosial sebagai Sarana Melakukan Branding

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on pinterest
Share on telegram

Di era modern ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara digital. Perkembangan media sosial di era digital memberikan banyak pengaruh bagi berbagai bidang, salah satunya bisnis. Secara sederhana, media sosial dapat membangun personal branding bagi diri kita sendiri. Melalui media sosial inilah, kita dapat memperkenalkan diri kita kepada publik. Tak hanya mengikuti persepsi publik, namun kita bisa mengisi media sosial dengan brand yang kita bangun sendiri. Media sosial sebagai sarana branding akan membantu Anda menciptakan citra diri positif bagi Anda secara pribadi maupun brand bisnis yang Anda bangun.

Melakukan Branding Produk melalui Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk membangun brand, daripada hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Melakukan branding melalui media sosial di era digital memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan brand dan mempromosikan produk. Nah, berikut ini beberapa cara melakukan branding produk melalui media sosial.

  • Kenali brand Anda

Sebelum melakukan branding produk pastikan Anda telah memiliki suatu brand. Lengkapi brand Anda dengan produk dan logo yang berkualitas. Jika Anda tidak memiliki keahlian membuat logo, Anda bisa memanfaatkan jasa desain logo untuk membuat logo brand Anda. Setelah memiliki brand, selanjutnya kenali bagaimana brand Anda. Produk apa saja yang Anda ciptakan dari brand yang Anda miliki.

  • Pilih media sosial untuk branding

Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan branding, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Line, tumblr, LinkedI, dan sebagainya. Dari sekian banyak media sosial, pilihlah satu atau dua media sosial yang akan Anda gunakan untuk melakukan branding.

Pilihlah media sosial yang cocok Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, atau jasa, yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda memiliki brand dan produk untuk online shop, Anda bisa memanfaatkan instagram atau facebook untuk melakukan branding.

  • Gunakan konten visual yang manarik

Setelah menentukan jenis media sosial, saatnya menyiapkan konten. Buatlah konten yang memiliki visual yang baik dan menarik. Karena Anda akan menggunakan konten tersebut untuk branding produk, maka konten yang disajikan harus dapat memperkenalkan produk semenarik mungkin. Dalam membuat konten, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Warna. Buatlah tampilan akun media sosial Anda dengan komposisi warna yang senada untuk konten Anda. Jangan terlalu mencolok atau suram sehingga mengganggu penglihatan.
  • Jika Anda ingin melakukan branding produk yang Anda miliki, jangan lupa sertakan logo dari bisnis atau brand Anda. Sertakan logo dalam konten maupun sebagai foto profil akun Anda. Hal ini semakin meningkatkan professionalitas akun.
  • Membagikan konten ke media sosial lain. Setelah Anda mengunggah konten pada satu media sosial, bagikan pula konten tersebut ke media sosial lain. Tujuannya, untuk memperbanyak orang yang mengetahui konten Anda. Hal ini akan membuat pengguna media sosial lain lebih mudah menemukan akun Anda.
  • Template posting. Tata template atau feed media sosial Anda sehingga memiliki tampilan yang lebih rapi. Tampilan yang rapi akan meningkatkan ketertarikan pengujung untuk berkunjung ke akun Anda. Hal ini akan membuat branding produk lebih efektif. Anggaplah feed media sosial seperti instagram merupakan sebah etalase toko Anda yang memuat produk-produk yang akan Anda kenalkan kepada pengguna lain.
  • Ceritakan brand melalui konten

Tak cukup dengan konten yang menarik. Namun, Anda juga perlu menambahkan informasi terkait produk Anda melalui sebuah cerita atau tulisan. Ceritakan keunggulan produk dan manfaat yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk Anda. Ceritakan dengan detail dan jelas, jangan bertele-tele yang justru akan membuat orang lain bingung.

  • Optimalkan branding produk dengan menggunggah konten secara konsisten

Untuk melakukan branding produk di media sosial, pastikan memiliki konsistensi yang tinggi untuk menggunggah konten di akun Anda. Tidak hanya mampu mengunggah konten banyak dalam waktu bersamaan. Namun, Anda harus mengetahui teknik waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Buatlah jadwal yang tepat dan lakukan secara konsisten, agar konten Anda lebih banyak dijangkau pengguna lain.

  • Manfaatkan influencer untuk branding produk

Tidak ada salahnya menggunakan jasa influencer untuk membantu Anda melakukan branding produk dari bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa menggunakan jasa endorsement untuk mempromosikan produk Anda di media sosial. Influencer ini akan membantu Anda memperkenalkan produk ke pengguna lain karena mereka telah memiliki banyak pengikut di media sosial.

Membangun Personal Branding

Media sosial tak hanya digunakan untuk melakukan branding produk untuk memperkenalkan brand dan bisnis Anda pada publik. Namun, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk membangun personal branding. Berikut ini beberapa cara membangun personal branding melalui akun media sosial.

  • Menggunakan indentitas pribadi yang jujur

Sebagai sarana branding, media sosial mendeskripiskan siapa diri Anda sebenarnya. Oleh sebab itu gunakan identitas diri yang sesuai, mulai dari nama, foto profil, maupun informasi lainnya. Jangan sampai Anda menggunakan nama atau foto profil milik orang lain, misalnya milik artis atau tokoh publik lainnya. Jika Anda ingin melakukan personal branding, maka Anda harus menggunakan identitas asli Anda sendiri, sehingga orang lain akan mengenal Anda dengan baik.

  • Melakukan upgrade profil secara berkala

Lakukan upgrade profil di akun Anda secara berkala. Misalnya dengan manambahkan biografi atau mengganti foto profil. Namun, jangan terlalu sering mengganti foto profil yang akan menjadikan pengikut Anda terganggu. Pastikan mencantumkan bio yang singat dan jelas. Sehingga orang lain dapat memahami siapa Anda sebenarnya dengan tepat.

  • Buat konten sesuai passion Anda

Jadilah diri sendiri dalam bermedia sosial. Temukan passion Anda yang akan dijadikan bahan personal branding. Jika Anda tahu passion Anda dan apa yang Anda minati, akan lebih mudah menggunggah konten di akun Anda. Jangan sampai Anda ikut-ikutan membuat konten seperti orang lain yang sebenarnya tidak Anda minati. Akibatnya, Anda tidak dapat memaksimalkan konten Anda.

Jika Anda tertarik di bidang fotografi, maka Anda bisa mengunggah foto-foto hasil jepretan Anda.Tak hanya menggunggah foto, Anda juga bisa membagikan video atau cerita dibalik mengambilan foto tersebut. Bahkan Anda juga bisa berbagai tips dalam hal fotografi kepada pengikut Anda.

  • Bergabung atau mengikuti komunitas tertentu

Jika Anda sudah menemukan passion Anda dan mengetahui bidang yang Anda minati, bergabunglah atau ikuti akun-akun komunitas yang sesuai dengan passion Anda. Hal ini bisa membuat Anda menemukan teman baru, pelajaran dan ilmu baru, serta menemukan role model yang bisa dijadikan teladan.

Tertarik menggunakan media sosial untuk melakukan branding? Jika ya, uraian di atas dapat Anda jadikan sebagai pedoman untuk memulai branding, baik branding produk maupun personal branding. Semoga bermanfaat.

mas dian

mas dian

Leave a Replay

Metode Pembayaran