Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Tujuan Pembuatan Logo

Salah satu tujuan pembuatan logo yaitu untuk  memperkenalkan dan membesarkan merek dari suatu produk maupun perusahaan. Inilah sebabnya, jasa desain logo dituntut mampu menciptakan logo terbaik sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya. Desain logo memiliki peran yang besar dalam keberlangsungan suatu brand. Lantas seperti apakah peran desain logo dalam branding? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sekilas tentang Branding

Istilah “branding” berasal dari kata “brand” yang diartikan sebagai merek. Namun, dalam penggunaanya, kata brand dan branding memiliki arti yang berbeda. Brand merupakan merek, sementara branding diartikan sebagai bentuk kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan atau instansi untuk membangun dan membesarkan sebuah merek atau brand usahanya. Menurut Kotler, branding didefinisikan sebagai istilah, nama, simbol, tanda, dan kombinasi dari semuanya yang sengaja dibuat mendiskripsikan barang atau jasa tertentu.

Jenis-Jenis Branding

Branding memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  • Culture Branding. Branding yang dilakukan sesuai dengan keadaan orang-orang di lingkungan tersebut.
  • Product Branding. Branding yang dilakukan dengan cara memperkenalkan produk dan mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut.
  • Geographic Branding. Ini merupakan usaha yang dilakukan dengan memunculkan gambaran merek produk atau jasa yang disesuaikan dengan lokasi. Sehingga ketika lokasi yang bersangkutan disebutkan, orang akan langsung mengingat brand tersebut.
  • Personal Branding. Branding yang dilakukan dengan menjadikan diri sendiri sebagai sebuah merek yang mudah dikenal masyarakat.
  • Corporate Branding. Branding perusahaan yang berasal dari produk yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan terhadap masyarakat.

Unsur-Unsur Branding

Branding menyangkut pengenalan identitas suatu brand atau merek kepada masyarakat secara luas. Itulah sebabnya, ada beberapa unsur yang perlu disertakan dalam proses branding suatu brand, diantaranya:

  • Nama merek (brand)

Pastikan Anda sudah menentukan nama merek (brand) untuk melakukan branding. Tanpa adanya sebuah nama, maka produk yang akan Anda kenalkan tidak memiliki identitas yang jelas. Hal ini pastinya akan lebih sulit dikenal masyarakat.

  • Logo

Saat Anda memesan logo ke jasa desain logo murah, pastikan Anda mendapatkan logo sesuai dengan permintaan. Pastikan logo yang telah dibuat memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri yang mencerminkan produk atau perusahaan Anda. Sehingga akan memberikan kesan yang mudah diingat masyarakat.

  • Tampilan visual

Tampilan visual dalam branding meliputi desain produk, kemasan, dan sebagainya. Buatlah tampilan visual yang menarik sehingga membuat produk atau jasa menjadi semakin berkesan.

  • Juru bicara

Dalam melakukan branding dibutuhkan juru bicara atau tokoh yang memiliki pengetahuan mendalam tentang produk atau jasa yang akan dikenalkan. Tak hanya ahli bicara, namun juga harus bisa memberikan informasi yang jelas kepada publik.

  • Kata-kata

Gunakan kata-kata menarik atau slogan maupun quote yang memberikan kesan mendalam pada brand Anda saat melakukan branding. Pastikan menggunakan kata-kata positif yang mudah diingat dan unik dari brand yang lain.

 Manfaat Branding

Branding suatu brand atau merek memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Membuat brand mudah dikenali

Memiliki brand atau merek usaha sendiri, akan membuat produk atau jasa usaha Anda lebih dikenal masyarakat. Pemberian brand pada suatu produk juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dibeli. Itulah sebabnya, kebanyakan orang membeli produk atau menggunakan jasa yang ber-merek. Karena mereka percaya bahwa produk atau jasa bermerek memiliki kualitas terjamin.

  • Mampu membedakan produk sendiri dengan yang lain

Melakukan branding akan memberikan ciri khas tersendiri terhadap brand Anda, sehingga membuat produk Anda berbeda dengan yang lain. Keunikan inilah yang akan mempengaruhi konsumen untuk mengingat dan membeli atau menggunakan produk/jasa dari brand Anda.

  • Mampu mempengaruhi psikologi konsumen

Branding juga memberikan manfaat karena secara tidak langsung dapat mempengaruhi konsumen. Merek yang Anda tawarkan pada konsumen, secara perlahan mampu mengubah mind set mereka tentang suatu brand yang dapat dipercaya. Ini bisa mempengaruhi mereka untuk menggunakan jasa atau membeli produk dari brand Anda.

Manfaat Desain Logo dalam Branding

Sebagai cerminan brand perusahaan, logo memiliki peran yang sangat penting. Logo bagaikan sebuah magnet yang mampu menarik benda-benda di sekitarnya. Dalam urusan branding, logo berperan sebagai tanda merek yang mencerminkan kualitas produk atau jasa. Brand atau merek yang sudah terkenal, biasanya memiliki kualiatas produk atau jasa yang sudah tidak diragukan lagi.

Inilah mengapa, perlu berhati-hati dalam jasa desain logo perusahaan Pastikan anda pilih berkompeten, sehingga menciptakan logo yang berkualitas pula. Logo yang berkualitas dan mencerminkan brand Anda akan mempermudah Anda dalam melakukan branding. Logo diibaratkan sebagai sebuah pengakuan brand dari usaha Anda. Logo yang berkualitas akan membuat masyarakat lebih cepat mengakui brand jasa/produk dari usaha yang Anda jalankan.

Melakukan branding logo kepada masyarakat bukanlah perkara yang mudah. Butuh kesabaran dan keuletan dalam menjalani prosesnya yang butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga brand Anda benar-benar diterima masyarakat secara luas. Kegiatan branding bisa dilakukan melalui pemasaran dalam bentuk iklan maupun sosialisai secara langsung kepada masyarakat. Tentunya, harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk atau jasanya.

Proses Pengembangan Logo untuk Branding

Pengembangan logo sebagai bagian dari branding brand usaha Anda perlu persiapan matang dan usaha keras. Dalam pengembangan ide logo, dimulai dengan menyiapkan bentuk logo yang ingin dibuat, misalnya dalam bentuk sketsa manual. Sebelum Anda menghubungi jasa desain logo, ada baiknya Anda membuat sketsa logo manual terlebih dahulu yang nantinya akan diubah dalam versi digital.

Buatlah konsep logo dengan memasukkan berbagai komponen yang akan mencerminkan brand Anda. Sebagai contoh, memasukkan identitas usaha, visi, dan misi ke dalam sebuah logo. Sehingga logo yang sudah jadi akan merepresentasikan inti dari perusahaan atau usaha yang Anda jalankan. Hal ini akan memberikan nilai lebih bagi konsumen terkait logo dan brand Anda.

Cara Melakukan Branding Logo yang Tepat

Ada beberapa cara melakukan branding logo yang tepat agar bisnis Anda semakin berkembang.

  • Bentuk karakter yang kuat

Buatlah logo Anda memiliki karakter yang kuat, sehingga beda dengan yang lain. Anda bisa meninjau terlebih dahulu apakah produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan dibutuhkan masyarakat?

  • Ciptakan value

Untuk menawarkan suatu produk atau jasa dari brand bisnis Anda, pastikan ciptakan sebuah “nilai atau value” yang khas. Sehingga ketika masyarakat melihat logo atau mendengar brand dari produk Anda, mereka langsung mengingat kualitas produk/jasa dari brand Anda.

  • Siapkan tagline

Salah satu unsur branding yaitu “kata-kata” yang bisa berupa slogan atau quote. Maka dari itu, sebelum melakukan branding logo atau brand, pastikan Anda telah membuat tagline atau slogan yang bisa mempengaruhi masyarakat. Pastikan tagline yang Anda buat mencerminkan isi logo yang akan Anda branding-kan.

Nah, itulah beberapa hal terkait peran desain logo dalam branding. Pilih jasa pembuatan logo terbaik yang bisa membantu Anda menciptakan logo berkualitas untuk brand Anda.

More to explorer

Contoh Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile Company profile adalah suatu informasi yang menceritakan tentang history perusahaan dan tujuan masa depan dari suatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Metode Pembayaran