Fungsi Desain Kemasan Bagi UKM ?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on pinterest
Share on telegram
jasa desain kemasan

Fungsi Desain Kemasan Bagi UKM ?

Kemasan suatu produk menjadi salah satu hal yang mempengaruhi perkembangan usaha Anda. Kemasan produk yang simpel dan unik akan lebih banyak menarik perhatian konsumen. Inilah mengapa, desain kemasan dalam suatu produk perlu diperhatikan dan dirancang semenarik mungkin.

Buatlah desain sekreatif mungkin, sehingga menciptakan keunikan tersendiri untuk produk dan usaha Anda. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang desain kemasan. Pasalnya, saat ini telah banyak jasa desain kemasan yang akan membantu Anda menciptakan kemasan produk terbaik. Apakah kemasan produk tersebut sangat penting? Seberapa penting desain kemasan bagi UKM? Simak penjelasannya sebagai berikut!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Desain Kemasan

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan desain kemasan produk, diantaranya:

  • Desain dibuat sesimpel mungkin

Desain yang simpel bukan berarti jelek. Namun, buatlah desain yang simpel tapi tetap menampilkan sisi menarik dan unik. Desain kemasan yang simpel dan sederhana tidak akan membuat kemasan terkesan berlebihan, sehingga mengurangi nilai kegunaannya. Perlu diingat, bahwa kemasan produk harus menyajikan hal-hal yang memang seharusnya disajikan. Hal ini tentu berkaitan dengan informasi produk.

Hindari bentuk desain yang terlalu ribet dan justru akan membuat kemasan produk Anda tidak menarik. Perhatikan pula komposisi warna yang akan digunakan dalam pembuatan kemasan. Perpaduan warna dan bentuk desain harus relevan dengan produk yang dijual di dalamnya.

Kemasan yang dibuat harus menampilkan informasi detail produk yang dijual, termasuk peringatan kadaluarsa, cara penyimpanan, hingga peringatan bahan yang menyebabkan elergi bagi penderita penyakit tertentu. Tuliskan rincian informasi dengan jelas.

  • Lakukan riset

Jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu sebelum Anda membuat sebuah desain kemasan. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Melakukan riset ke lapangan secara langsung dapat membuat Anda mengetahui kompetitor secara langsung. Anda juga bisa melihat target pemasaran yang ingin Anda tuju. Sehingga desain yang dibuat dapat disesuaikan kebutuhan konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan produk Anda nantinya. Perhatikan pula perkembangan kompetitor, sehingga Anda dapat menyiapkan produk dan kemasan yang bisa bersaing.

  • Sesuaikan dengan lokasi penjualan

Tentukan dimana Anda akan menjual produk Anda, apakah secara online maupun melalui toko fisik. Kemasan produk yang dijual secara online dan offline, hendaknya memiliki sedikit perbedaan. Jika Anda menjual produk secara online, maka buatlah desain kemasan yang lebih menarik dan memberikan informasi sedetail mungkin. Hal ini dimaksudkan agar calon membeli bisa mengetahui tentang produk tanpa melihat dan menyentuhnya secara langsung.

Begitu pula dengan produk yang dijual secara offline atau di toko. Lihat produk pesaing yang dijual berdampingan dengan produk Anda, seperti produk-produk yang dijual di supermarket. Anda tentu harus menyiapkan kemasan menarik agar produk Anda menarik perhatian calon pembeli diantara produk kompetitor lainnya.

  • Pastikan tulisan terbaca dengan jelas

Kemasan memuat informasi penting terkait dengan produk di dalamnya. Oleh sebab itu, pastikan kemasan memuat rincian informasi produk dengan jelas dan terbaca. Gunakan font yang mudah dibaca, agar calon pembeli benar-benar memahami informasi produk melalui kemasan. Jangan menggunakan font tulisan yang beraneka ragam dengan tujuan menciptakan desain yang unik. Hal ini justru akan membuat informasi yang akan Anda sampaikan menjadi tidak jelas dan tulisan sulit dibaca.

  • Pilih konsep kemasan “Go Green”

Pekalah terhadap isu lingkungan yang terjadi saat ini. Seperti isu “global warming” yang semakin meningkat dan menghimbau masyarakat untuk sadar lingkungan. Menanggapi isu tersebut, jadilah pelaku UKM yang ikut peduli terhadap lingkungan dengan menciptakan kemasan dengan konsep “go green”. Tidak hanya memikirkan desain kemasan yang menarik, namun pikirkan pula bahan pembuat kemasan produk harus ramah lingkungan.

  • Kualitas kemasan terjamin

Pastikan bahwa kemasan yang Anda gunakan untuk produk UKM yang Anda jalankan benar-benar berkualitas. Kemasan yang berkualitas tidak akan membuat produk di dalamnya rusak dan kemasan di luar pun tidak mudah rusak dalam waktu yang lama. Kemasan yang berkualitas akan mewakili brand Anda yang bisa meningkatkan kepercayaan kepada customer tentang kualitas produk Anda.

Pentingnya Desain Kemasan dalam Bagi UKM

Secara umum, kemasan produk memiliki dua kategori yaitu kemasan primer dan kemasan sekunder. Kemasan primer ini memiliki fungsi untuk melindungi produk secara langsung agar terhindar dari kerusakan akibat faktor biologis maupun kimia. Sedangkan kemasan sekunder merupakan kemasan yang akan melindungi produk dan kemasan primer. Kemasan sekunder ini dimaksudkan untuk melindungi produk yang mudah patah atau remuk selama pengiriman barang.

Desain kemasan produk memiliki peranan yang penting bagi produk dan keberlangsungan UKM Anda. Mengapa demikian?

  • Kemasan produk meningkatkan nilai jual. Kemasan yang menarik dan berkualias dapat meningkatkan nilai jual produk di pasaran.
  • Mempertahankan kualitas dan melindungi produk. Desain kemasan yang Anda buat, termasuk jenis bahan kemasan yang dipilih dapat membantu menjaga kualitas produk yang ada di dalamnya.
  • Sarana promosi yang tepat. Meskipun produk Anda berkualitas namun dipromosikan dengan kemasan yang kurang menarik, maka minat calon pembeli akan menurun. Berbeda, jika kualitas produk didukung dengan kemasan yang menarik. Promosi produk menjadi lebih mudah dan meyakinkan, sehingga peluang mendapatkan calon pelanggan lebih besar.
  • Sebagai penanda yang unik. Kemasan produk bisa digunakan sebagai penanda khusus untuk produk Anda. Inilah sebabnya, disarankan untuk membuat desain kemasan semenarik mungkin dan unik. Sehingga berbeda dari desain kemasan produk yang lain.
  • Mempermudah pengepakan. Buatlah desain sesederhana mungkin, tetapi tetap menarik. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan produk saat pengepakan untuk pengiriman. Jika desain kemasan produk yang Anda buat ribet, tentu akan mempersulit proses pengepakan. Yang akhirnya menurunkan tingkat kerapian kemasan dalam pengepakan.
  • Untuk mendongkrak citra UKM. Desain kemasan produk yang menarik juga bisa dijadikan salah satu cara mendongkrak citra UKM Anda. Dengan kemasan yang menarik, akan membuat konsumen memandang produk atau UKM Anda juga berkualitas. Hal ini dapat meningkatkan nilai usaha Anda secara tidak langsung.
  • Membuat brand lebih terkenal. Kemasan yang menarik, unik, dan berkarakter tidak membuat produk Anda laku di pasaran. Namun, sacara tidak langsung dapat membuat brand usaha Anda semakin dikenal masyarakat secara luas.
  • Mampu menghadapi pesaing. Setiap kompetitor pasti memiliki keunikan masing-masing yang bisa menarik pelanggan. Begitu pula dengan bisnis Anda, buatlah desain kemasan untuk produk Anda sehingga menjadi keunikan dan memiliki karakter tersendiri yang bisa bertahan dari pesaing.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan desain kemasan sangatlah penting bagi sebuah bisnis atau UKM. Siapkan kemasan produk Anda semenarik mungkin. Gunakan jasa desain kemasan professional untuk membantu Anda menciptakan kemasan terbaik.

 

mas dian

mas dian

Leave a Replay

Metode Pembayaran