Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Selama proses mengerjakan job yang dipesan klien, Anda mungkin pernah melakukan beberapa kesalahan kepada klien. Kesalahan yang Anda lakukan dapat menurunkan citra diri pekerjaan Anda kepada klien, jika Anda tidak memiliki etika baik untuk meminta maaf. Misalnya, Anda membuka jasa desain grafis yang terjadi hasil yang Anda kerjakan tidak sesuai dengan pesanan klien. Apabila Anda membuat kesalahan atas pekerjaan yang dipesan klien, segera minta maaf sehingga permasalahan dapat segera diselesaikan.

Lalu bagaimana cara meminta maaf yang professional kepada klien? Minta maaflah secara tulus sehingga klien dapat menghargai usaha yang Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara meminta maaf kepada klien yang tepat.

Cara Meminta Maaf kepada Klien

Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan kepada klien. Justru Anda harus menunjukkan tanggung jawab Anda, atas kesalahan yang telah Anda lakukan. Berikut ini cara-cara meminta maaf yang professional kepada klien.

  • Tunjukkan tanggung jawab Anda dengan meminta maaf langsung

Anda klien merasa tidak puas dengan hasil desain logo perusahaan yang Anda buat dan mengkritik Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta maaf atas ketidaksempurnaan pekerjaan yang Anda lakukan. Minta maaflah kepada klien baik secara langsung atau melalui telepon. Pastikan bahwa ucapan maaf yang Anda sampaikan sungguh-sungguh dan Anda bersedia untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda lakukan.

  • Mengirimkan permohonan maaf secara tertulis

Sebagai bentuk tanggung jawab dan penyesalan atas kesalahan yang Anda lakukan, Anda juga bisa mengirimkan permohonan maaf kepada klien melalui pesan tertulis. Sampaikan permohonan maaf dengan kalimat yang baik dan sopan. Berikan juga penjelasan kesalahan yang Anda lakukan dan bentuk tanggung jawab Anda terhadap klien. Hal ini bisa membuat klien merespon positif terhadap tindakan yang Anda lakukan.

  • Memperbaiki kesalahan yang Anda lakukan

Jika klien telah menjelaskan apa kesalahan yang Anda lakukan, maka Anda harus siap memperbaiki hasil pekerjaan Anda sesuai permintaan klien. Jangan marah ketika klien mengkritik atau komplain pekerjaan Anda. Selama alasan yang disampaikan masuk akal dan Anda mengakui kesalahan Anda, terimalah kritik sebagai hal untuk perbaikan.

  • Memberikan bonus

Jika klien merasa tidak puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan karena kesalahan Anda, maka Anda harus bertanggung jawab sepenuhnya. Selain memperbaiki hasil pekerjaan Anda, Anda juga dapat memberikan bonus kepada klien sebagai ucapan permintaan maaf. Misalnya, dengan memberikan diskon kepada klien untuk pemesanan berikutnya. Namun, pastikan pesanan klien yang pertama telah Anda perbaiki sesuai dengan permintaan.

  • Berkomunikasi dengan baik

Jangan takut ketika melakukan kesalahan kepada klien. Jangan menghindari klien karena Anda pernah membuat kesalahan, Justru Anda harus menjalin hubungan yang lebih dekat dengan klien, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam bekerja sama. Dengan memiliki hubungan dekat dengan klien, membuat klien menilai Anda sebagai pribadi yang positif dan bertanggung jawab. Komunikasi yang baik bisa membuat hubungan Anda dan klien terjalin lebih luas, bahkan di luar bisnis.

Demikianlah 5 cara meminta maaf ke klien secara professional ketika Anda melakukan kesalahan selama menjalin kerja sama. Sebagai penyedia layanan jasa desain grafis murah yang professional, Anda harus berani meminta maaf kepada klien saat klien tidak puas dengan hasil kerja yang Anda berikan. Bertanggung jawablah jika klien meminta Anda untuk melakukan revisi atau perbaikan.

More to explorer

Contoh Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile Company profile adalah suatu informasi yang menceritakan tentang history perusahaan dan tujuan masa depan dari suatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Metode Pembayaran