Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

5 Tips Jualan Laris dengan Branding

Membangun merek dagang itu sangat penting. Merek merupakan sebuah identitas dari bisnis yang Anda jalankan. Dengan adanya merek tersebut, akan mempermudah Anda untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Hal ini juga akan mempermudah masyarakat mengenal produk yang Anda tawarkan. Dalam berbisnis, pelaku bisnis dituntut untuk dapat melakukan branding untuk brand-nya sendiri. Atau bisa juga menggunakan jasa branding untuk mengenalkan merek bisnis Anda pada masyarakat.

Membuat brand bisnis Anda dikenal dan diakui masyarakat memang tidak mudah. Terlebih bagi Anda yang membangun bisnis sendiri dari awal atau bisnis kecil. Untuk mengembangkan bisnis kecil tersebut menjadi sebuah bisnis besar yang dikenal publik, bukanlah perkara yang mudah. Apalagi menjual produk dari brand Anda agar banjir pembeli. Namun, Anda tak perlu khawatir, selain bisa memanfaatkan jasa branding berikut ini ada beberapa tips jualan laris dengan branding yang dapat Anda lakukan sendiri.

 Tips Jualan Laris dengan Branding

Berikut ini beberapa tips jualan laris dengan branding yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

  • Tetapkan target pasar

Hal pertama yang harus Anda pikirkan yaitu menentukan target pemasaran untuk produk dan brand yang Anda jual. Caranya: lakukan riset secara langsung ke lapangan untuk menetapkan siapa konsumen produk Anda. Jangan sampai yang Anda jual nanti tidak tetap sasaran, karena Anda tidak mengetahui target pemasaran yang Anda inginkan.

Dengan mengetahui calon konsumen dengan jelas, maka Anda dapat menentukan metode pemasaran yang bisa diterapkan nantinya. Anda bisa memaksimalkan pemasaran jika Anda mengetahui seperti apa calon konsumen Anda. Tak hanya itu saja, hal ini juga akan membantu Anda menentukan harga jual produk bisnis Anda sesuai dengan kemampuan finansial calon pembeli.

  • Ketahui keunikan produk Anda sendiri

Anda juga perlu mengetahui dan memahami apa keunikan dari produk yang Anda jual. Ciptakan produk dengan karakter dan keunikan tersendiri yang akan dijadikan umpan untuk menarik calon pelanggan. Mulai dari segi warna, motif, bentuk, desain logo, kemasan, hingga kualitas produk.

Jika Anda mengetahui keunikan dari produk Anda, akan mempermudah proses branding produk Anda kepada masyarakat. Keunikan produk tersebutlah yang akan menjadi karakteristik kuat bagi produk Anda dan menciptakan nilai atau kesan tersendiri di hati masyarakat.

  • Pemberian label pada produk

Tips selanjutnya untuk membuat jualan Anda laris yaitu memberikan label sendiri pada produk Anda. Tetapkan satu label atau merek pada produk Anda sesuai dengan spesifikasi produk yang Anda jual. Carilah label yang unik, yang belum pernah digunakan orang lain.

Untuk menghindari kesamaan nama label, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari tuntutan hukum jika ternyata didapati label produk Anda menggunakan nama yang sama dengan label yang sudah dipatenkan. Ciptakan label yang menarik karena label yang Anda pilih berkaitan dengan desain logo yang akan dipromosikan nanti.

  • Menyiapkan logo yang menarik

Jika Anda tidak memiliki keahlian membuat desain logo sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan logo. Saat ini banyak jasa desain logo murah yang siap membuatkan Anda logo brand bisnis sesuai permintaan. Buatlah logo dengan semenarik mungkin dan pastikan bahwa logo yang dibuat dapat mewakili produk Anda.

Anda bisa menggunakan logo dalam bentuk gambar, tulisan, simbol, dan sebagainya. Logo brand bisnis Anda akan membantu masyarakat mengenali produk yang Anda tawarkan. Selain itu, adanya logo dalam produk Anda dapat membuat produk semakin berkelas dan berkualitas.

  • Lakukan promosi di media sosial

Tips jualan laris dengan branding yang terakhir yaitu mempromosikan brand dan produk. Tanpa promosi, produk Anda tidak akan dikenal masyarakat. Artinya Anda juga tidak bisa mendapatkan calon pelanggan. Di era modern ini, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi yang akan mendatangkan pelanggan terhadap produk Anda.

Milikilah akun media khusus untuk promosi, misalnya Instagram dan facebook. Jadikan kedua media tersebut untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat secara online. Media sosial merupakan salah satu sarana branding yang memiliki potensi besar mendatangkan omset yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan jasa influencer melalui sosial media untuk membantu mempromosikan produk dari brand Anda.

 

Kesalahan Branding yang Sering Dilakukan Pembisnis

Banyak kesalahan dalam melakukan branding yang kerap terjadi pada pembisnis. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka sulit memasarkan produknya dan tidak mendapatkan pelanggan. Apa saja kesalahan dalam branding yang sering dilakukan? Berikut penjelasannya!

  • Logo amatir

Logo merupakan identitas brand produk Anda. Oleh sebab itu pastikan Anda membuat logo yang berkualitas. Jika Anda kesulitan membuat logo sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan logo professional untuk menghasilkan logo yang berkualitas. Jangan paksa membuat logo amatir untuk branding produk Anda dengan alasan tidak ada biaya menggunakan jasa desain logo professional. Tenang, karena sekarang ini banyak jasa desain logo murah yang siap menyelesaikan permintaan logo Anda dengan kualitas yang tidak murahan.

  • Tidak konsisten

Membangun sebuah bisnis dibutuhkan konsistensi. Setelah Anda menciptakan sebuah brand, tetaplah konsisten mengembangkan brand Anda. Misalnya dengan membuat kartu nama, website, spanduk, brosur, stempel, hand out, faktur, dan sebagainya. Lengkapi kebutuhan bisnis Anda yang berkaitan dengan brand dan produk. Hal ini akan menciptakan brand bisnis Anda semakin kuat.

  • Tidak punya moto

“Motto bisnis” mungkin terkesan sebagai hal kecil, namun jangan sepelekan hal ini. Kesalahan yang sering terjadi yaitu pembisnis tidak memiliki motto atau slogan dalam bisnisnya. Padahal, motto atau tagline/slogan ini berpengaruh dalam proses branding. Dalam melakukan branding, Anda membutuhkan motto sebagai kata-kata persuasif yang bisa mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap brand Anda. Jika Anda tidak memiliki motto bisnis, maka masyarakat juga akan ragu dan bingung dengan bisnis yang Anda kenalkan.

  • Menyepelekan kompetitor

Sebaik apapun bisnis yang sedang Anda jalankan, jangan merasa bahwa bisnis Anda merupakan bisnis terbaik sehingga Anda melupakan pesaing Anda. Hal ini akhirnya yang akan membuat Anda lengah, dan menjadi kesempatan bagi kompetitor untuk mengungguli Anda. Terus lakukan riset di lapangan bagaimana kompetitor bisnis Anda. Anda juga bisa memantai perkembangan bisnis pesaing melalui websitenya. Sehingga Anda dapat terus berinovasi meningkatkan kualitas produk Anda.

  • Tidak mempunyai sasaran pelanggan

Hal ini yang sering dilupakan para pembisnis, khususnya pembisnis pemula. Mereka lupa melakukan riset pelanggan yang cocok untuk produk Anda. Anda perlu peka mengenali siapa pelanggan produk Anda sehingga dapat memperlakukannya dengan baik. Hal ini demi kemajuan bisnis Anda ke depannya. Pelayanan yang baik yang Anda berikan bagi pelanggan, akan membuat mereka membantu Anda mempromosikan brand dan produk Anda kepada orang lain secara tidak langsung.

Mudah bukan? Itulah 5 tips jualan laris dengan branding yang dapat Anda praktikkan. Dalam melakukan branding, pastikan Anda telah menyiapkan nama brand atau merek lengkap dengan logo bisnis Anda. Gunakan jasa desain logo professional untuk menciptakan logo berkualitas bagi bisnis Anda.

More to explorer

Contoh Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile

Contoh dan Cara Pembuatan Company Profile Company profile adalah suatu informasi yang menceritakan tentang history perusahaan dan tujuan masa depan dari suatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Metode Pembayaran